Apa Pengertian Deposito Berjangka


Dalam bahasa sehari-hari kata simpanan sering disebut dengan nama rekening atau account dimana artinya sama. Dengan memiliki simpanan atau rekening berate memiliki sejumlah uang yang disimpan di bank tertentu atau dengan kata lain simpanan berarti dana yang dipercayakan oleh masyarakat untuk dititipkan di bank.





Dana kemudian dikelola oleh bank dalam bentuk simpanan seperti simpanan giro, simpanan tabungan, simpanan deposito untuk kemudian diusahakan kembali dengan cara disalurkan ke masyarakat.




Untuk memberikan pengertian tentang deposito berikut ini akan disajikan definisi tentang deposito menurut UU No. 10 Tahun 1998 adalah : “Deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan di bank”.



Deposan adalah perorangan, perusahaan atau lembaga yang menyimpan uang pada bank dalam bentuk deposito berjangka. Bilyet Deposito adalah bukti kepemilikan yang diberikan oleh bank kepada deposan atas simpanannya dalam bentuk deposito berjangka.



Tanggal Valuta adalah tanggal efektif yang telah disepakati antara bank dengan deposan. Tanggal jatuh tempo adalah tanggal berakhirnya simpanan deposito sesuai dengan kesepakatan antara bank dengan deposan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Pengertian Deposito Berjangka"

Post a Comment