Apakah Pengertian Ketidakpastian

Apakah yang dimaksud dengan ketidakpastian ?
Ilmu Fisika Kuantum mengatakan TIDAK ADA YANG PASTI. Dalam Fisika ada tiga parameter alat ukur untuk menentukan apakah sebuah elemen itu ada / eksis yaitu : lokasi, waktu dan massa. Kalau ketiga hal tersebut dapat kita lokalisasi maka keberadaan sebuah elemen dapat dikatakan TERDEFINISI. 

Masalahnya adalah, Hukum Ketidakpastian mengatakan bahwa kita tidak mungkin mendapatkan ketiga parameter di atas dalam ketelitian yang sama sekaligus. Kalau kita bisa melokalisasi waktu dengan tepat maka semakin tidak teliti pengukuran kita untuk lokasi, demikian pula sebaliknya.

Begitu pula dalam teori probabilitas pada matematika, kita mengenal perhitungan mencari Eigen Value yang merupakan hasil dari bekerjanya sebuah operator terhadap sebuah Fungsi Keadaan. Namun, harga Eigen tersebut tak lebih merupakan pendekatan karena Fungsi Keadaan yang dibuat juga merupakan model pendekatan.

Keadaan bertambah rumit sewaktu Einstein memperkenalkan prinsip relatifitas. Tidak ada yang pasti karena keadaan yang satu selalu dapat dibandingkan dengan yang lain. Ide kita tentang kepastian mana yang di kiri, di kanan atau masa depan atau masa lalu ternyata relatif.

Pada ilmu – ilmu humaniora keadaan lebih TIDAK PASTI lagi. Manusia dianggap sebagai mesin ketidak pastian. Walaupun ilmu psikologi sudah berkembang jauh sekali sehingga sanggup memetakan perilaku manusia pada keadaan tertentu namun tetap saja ada margin ketidakpastian yang harus diperhitungkan. Buktinya, rasanya tidak ada perusahaan yang 100% menggantungkan diri pada hasil test psikologi dalam usahanya merekrut pegawai baru. Selalu saja di butuhkan interview untuk melengkapi hasil test tersebut.

IBM membuat sebuah Super Computer khusus yang bernama Deep Blue yang dirancang mampu  membuat 1 triliun kalkulasi pada setiap detiknya. Tugas utama komputer ini menarik yaitu :  mengalahkan manusia bermain catur. Apa yang terjadi adalah posisi terakhir masih 3-2 untuk kemenangan komputer ini.

Mengapa komputer ini tidak bisa membuat skor 5-0 dengan manusia ? Ternyata kuncinya adalah variasi yang bisa dihasilkan dari pemikiran manusia. Secara teoritis ada tak berhingga variasi yang bisa dihasilkan.  Namun pada saat yang sama variasi adalah sumber utama ketidakpastian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Pengertian Ketidakpastian"

Post a Comment