Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman


Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman 





a. Mengkaji kekuatan dan kelemahan kunci (faktor internal) 





Mengkaji kaji sumber daya keuangan, manusia dan teknologi dari dalam organisasi yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi. 





· Kekuatan (strengths) : 





o Kebijakan dan program tentang siaga bencana sudah banyak dicanangkan oleh pemerintah maupun LSM dan sudah dikenal oleh masyarakt luas. 





o Masyarakat di sekitar Merapi memilki Balai Desa tempat bapak-bapak dan ibu-ibu bermusyawarah, sehingga dapat dimanfaatkan untuk tempat penyuluhan. 





o Wilayah ini juga didukung adanya fasilitas papan pengumuman yang terletak di setiap pos kamling yang ada, sehingga dapat dimanfaatkan untuk tempat menempelkan media – media cetak yang dibuat. Di wilayah tersebut juga terdapat alat – alat komunikasi yang mendukung penyampaian program, seperti radio, televisi dan lain – lain. 






· Kelemahan (weakness) : 





Masyarakat sekitar gunung merapi lebih mempercayai “ilmutiten” atau ramalan daripada perhitungan berdasarkan ilmu pengetahuan. 





b. Merangkum peluang dan ancaman kunci (faktor eksternal) 





Sama dengan diatas yaitu membuat peluang kunci untuk meningkatkan kesehatan melalui komunikasi, dan mengidentifikasi ancaman terhadap kemampuan untuk meningkatkan kesehatan melalui komunikasi. 





· Peluang (opportunities) : 





Adanya lembaga-lembaga yang mendukung kelangsungan program sehingga bisa menjadi peluang untuk bisa menjalankan program yang telah dicanangkan. 





· Ancaman (threats) : 





Ancaman yang mungkin dihadapi dalam program ini adalah kegagalan dalam melakukan pendekatan dengan para tokoh di wilayah sasaran, sedangkan masyarakat yang menjadi obejknya sangat bergantung pada tokoh agama, ataupun tokoh masyarakat lainnya. Dengan kata lain, tokoh agama, tokoh adat, ataupun tokoh masyarakat lainnya lah yang memegang pengaruh besar terhadap perubahan perilaku masyarakat sehingga saat pendekatan terhadap tokoh gagal, maka bisa dipastikan program yang ditujukan untuk masyarakat tersebut juga tidak akan maksimal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman"

Post a Comment