Contoh Abstrak Usaha Kecil Mikro (UKM)

Usaha Kecil Mikro (UKM) merupakan bagian integral dunia usaha nasional yang memiliki kedudukan, potensi dan peranan yang sangat penting dan strategis dalam mewujudkan perekonomian nasional yang semakin seimbang berdasarkan demokrasi ekonomi. Kendala-kendala yang dihadapi UKM tidak lepas dari persoalan dasar yaitu kelemahan internal usahanya sendiri (pelaku dan usahanya) dan kelemahan eksternal berupa hubungan dengan pelaku-pelaku lain yang terkait dalam usaha tersebut. 
 
Kelemahan-kelemahan tersebut yang menjadikan acuan perumusan masalah untuk dianalisis lebih mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiagnosis seberapa besar pengaruh model kemampuan kewirausahaan terhadap kinerja usaha kecil Mitra Binaan Telkom Datel Bandung sektor industri.

Hasil studi literatur ditemukan bahwa perkembangan konsep kewirausahaan bergeser dari karakteristik menjadi penilaian kemampuan yang dimiliki wirausaha itu sendiri. Teori atau model yang dipandang pantas untuk menilai kinerja usaha kecil adalah yang dikembangkan oleh Man dan Chan dengan meneliti faktor-faktor entrepreneurial competencies, competitive scope, dan organization capabilities.

Jenis penelitian ini dikategorikan ke dalam explanatori research yang menjelaskan fenomena dengan teori yang ada. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan alat bantu angket dengan metode in-depth interview. Selanjutnya dilakukanlah analisis deksriptif dan jalur untuk mengetahui besaran pengaruh variabel yang diteliti, membahas hasil temuan, serta menarik kesimpulan dan rekomendasi.

Hasil uji hipotesis dengan tingkat signifikansi 0,5 persen menunjukan bahwa variabel entrepreneurial competencies, competitive scope, dan organization capabilities secara simultan dan parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha kecil. Melalui analisis jalur, besaran total pengaruh variabel yang diteliti adalah 62,06 persen. Sedangkan sisanya 37,94 persen dipengaruhi faktor lain.

Rekomendasi yang diberikan adalah memodifikasi pelatihan ke dalam tiga bentuk yakni: pelatihan kemampuan kewirausahaan, pengelolaan bisnis dari dimensi internal, serta pengelolaan bisnis dari dimensi eksternalnya. Penulis juga merekomendasikan penelitian ini cocok untuk digunakan sebagai alat monitoring and evaluating Mitra Binaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Abstrak Usaha Kecil Mikro (UKM)"

Post a Comment