Variabel Competitive Scope

Competitive Scope
Variabel Competitive Scope terbagi atas enam dimensi yang mendiagnosis seberapa baik kemampuan manajerial pemilik usaha untuk mengelola usahanya dilihat dari sudut pandang eksternal bisnis yang dimilikinya.

Berikut ini adalah dimensi dan atribut yang akan didiagnosis:

1) Market heterogeneity; kemampuan pemilik usaha dalam memahami karakteristik pasar usaha.

Atribut terbagi ke dalam beberapa instrumen sebagai berikut:

a) Upaya mencari informasi keinginan pelanggan.

b) Pemahaman keanekaragaman karakteristik pelanggan.

1) Technological sophistication; sejauhmana kemampuan pemilik usaha dalam memilih dan menerapkan teknologi secara cepat dan tepat.

Atribut terbagi ke dalam beberapa instrumen sebagai berikut:

a) Kecepatan penerapan teknologi dilakukan oleh pemilik usaha.

b) Ketepatan penerapan teknologi yang dilakukan oleh pemilik usaha.

3) Market attractiveness; sejauhmana persepsi pemilik usaha terhadap market attractiveness usaha yang dimilikinya.

Atribut terbagi ke dalam beberapa instrumen sebagai berikut:

a) Persepsi pemilik usaha terhadap mudah atau tidaknya kompetitor untuk masuk pada lapangan usaha sejenis.

b) Persepsi pemilik usaha terhadap ancaman dari produk pengganti dari produk yang dihasilkan.

c) Persepsi pemilik usaha terhadap kekuatan bernegosiasi dengan pemasok.

d) Persepsi pemilik usaha terhadap kekuatan bernegosiasi dengan pembeli.

e) Persepsi pemilik usaha terhadap persaingan dalam industri sejenis.

4) Product/ industry life-cycle; pengetahuan pemilik usaha terhadap siklus produk/ industri yang dimiliki.

5) Market demand; pengetahuan pemilik usaha terhadap penggolongan.

6) Competitive concentration; pengetahuan dan persepsi pemilik usaha untuk mengembangkan keunggulan bersaing pada industri yang dijalaninya.

Atribut terbagi ke dalam beberapa instrumen sebagai berikut:


a) Persepsi pemilik usaha terhadap keunggulan produk yang dihasilkan.

b) Persepsi pemilik usaha terhadap cakupan keunggulan bersaing yang dipilih untuk menjalankan usahanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Variabel Competitive Scope"

Post a Comment