Penelitian Analisis Jalur

Analisis Jalur
Dalam penelitian, terutama penelitian sosial, peneliti tidak semata-mata hanya mengungkapkan hubungan antar variabel sebagai terjemahan statistika dari hubungan antar variabel alami. Namun akan lebih baik jika peneliti memfokuskan untuk mengungkapkan hubungan kausal antar variabel.

Telaahan statistika yang sesuai untuk mengungkapkan hubungan antar variabel adalah sebagai berikut: 
a.       Analisis Jalur (Path Analysis): umumnya digunakan jika data dalam variabel telah di transformasikan ke dalam data interval. 
b.       Teknik Elaborasi (Elaboration Technique) umumnya digunakan jika data dalam variabel berbentuk nominal.
Berdasarkan penjelasan tersebut di atas, penelitian ini akan menggunakan Analisis Jalur. Analisis Jalur dikembangkan oleh Sewall Wright yang menganalisis hubungan kausal dengan tujuan memisahkan pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel yang menjadikannya penyebab dan akibat.

Pada analisis jalur, digunakan dua buah lambang yaitu: X, Y dan є. Istilah yang biasanya digunakan adalah variabel eksogen sebagai variabel penyebab dan variabel endogen sebagai variabel akibat.

Faktor-faktor lain yang merupakan variabel eksogen yang tidak sengaja kita ukur disebut variabel implisit yang dilambangkan dengan є dan dibedakan dengan sub-script (є1,…,єk). Adapun bentuk persamaan jalur adalah sebagai berikut: 

Y = ρyx1 X1+ ρyx2 X2 + … + ρyxk xk+ є 
Dimana:            
ρ =   Koefisien jalur antara variabel eksogen dan endogen. 
є =   Variabel implisit (residu)

Berdasarkan paparan di atas, secara garis besar path diagram yang digunakan dalam penelitian adalah sebagai berikut:
Gambar Path Diagram Konseptual Penelitian
Gambar Path Diagram Konseptual Penelitian

Dengan demikian, persamaan struktural yang akan dicari besarannya dengan berpedoman kepada rumusan ”Variabel Endogen = Variabel Eksogen + Variabel Endogen+ Variabel Implisit” adalah sebagai berikut:
a.       Y = ρyx1 X1 + ρyx2 X2 + ρyx2 X3 + є
b.       Y = ρyx1 X1 + є1
c.        Y = ρyx2 X2 + є2
d.       Y = ρyx3 X3 + є3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penelitian Analisis Jalur"

Post a Comment