Part V Istilah-Istilah Pada Komputer

Color Depth


Color depth merujuk pada jumlah warna yang ditampilkan di monitor oleh video card. Semakin banyak warna yang digunakan, semakin realistis tampilan yang dapat dilihat. Seperti gambar yang didapat dari foto, merubah color depth komputer dapat meningkatkan kualitas gambar, namun dapat juga tidak apabila foto itu sendiri terbatas pada jumlah warna tertentu. Angka-angka yang menunjukkan color depth biasanya adalah 256 warna, 16 bit (65.000 warna), 24 -bit, dan 32-bit (jutaan warna). 24-bit dan 32-bit sangat sulit untuk dibedakan, akan tetapi 16-bit dan 256 warna akan menampilkan perbedaan kualitas yang menyolok.


Collision


Peristiwa hilangnya data karena dua peralatan mengirimkan data secara berurutan.


Com


Singkatan dari Communications atau sering disebut serial port, yaitu komponen yang menghubungkan CPU dengan printer, modem dan alat lainnya.


COM (Computer Output Microfilm)


Peralatan ini terdiri dari sebuah kamera yang mengambil gambar dari layar monitor dan merekam hasilnya dalam segulung teks mikrofilm.


Command


Sebutan untuk kata-kata yang meminta komputer melaksanakan sesuatu tugas.


Command Control Block (CCB)


Suatu kendali blok untuk jenis LAN IBM, CCB dapat digunakan untuk menanyakan fungsi yang didefinisikan oleh Direct Interface.


Command File


File yang berisi program atau sejumlah instruksi untuk pelaksanaan beberapa perintah DOS.


Command Level


Tingkat kemampuan seseorang untuk memberikan perintah dalam pengendalian sistem komputer.


Comments


Catatan atau komentar yang diletakkan programmer diantara perintah/kode program yang ditulis. Catatan atau komentar tersebut akan diabaikan oleh komputer ketika proses kompilasi. Fungsinya sekedar membuat program mudah dimengerti.


Commission


Komisi yang diberikan merchant. Setiap merchant memberikan komisi yang berbeda-beda, ada persentase dari penjualan yang terjadi via site, CPC, CPL, dan lain-lain.


Communication Architecture


Rancang bangun suatu hardware atau software yang menerapkan fungsi-fungsi komunikasi.


Communication Channel


Media yang akan dilalui data/informasi pada proses transmisi dalam suatu sistem komunikasi.


Communication Line


Penghubung fisik antar terminal-terminal ke sebuah unit pengendali komunikasi dan menghubungkan satu unit pengendali komunikasi dengan yang lainnya.


Communication Network


Sejumlah unit fungsional yang saling dihubungkan dan memungkinkan unit-unit dalam jaringan saling berkomunikasi, tukar menukar data dan informasi.


Comparator


Komponen elektronik yang bertugas membandingkan dua nilai kemudian memberikan hasilnya, mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil.


Compare


Perintah dalam komputer yang secara efektif membandingkan dua hal dan menentukan yang lebih besar diantaranya.


Compatible


Istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan. Misalnya IBM compatible berarti dapat bekerja seperti komputer IBM.


Compatible Communication Architecture (CCA)


Protokol yang dipakai untuk mentransfer data asynchronous melalui jaringan X-25.


Compiler


Program yang menerjemahkan serangkaian perintah ke dalam bahasa mesin. Sekali program dikompilasi, program tersebut dapat dijalankan sesering mungkin tanpa harus mengulang proses kompilasi, kecuali jika terjadi perubahan pada program sumber.


Component


Istilah untuk menyebut bagian dari sistem komputer termasuk papan memori, papan sirkuit dan sebagainya.


Compress


Proses pemampatan ukuran suatu file dengan jalan menghilangkan informasi-informasi ganda yang ada.


Compressed


Kompresi, cara untuk membuat file lebih kecil dengan memperhatikan pola 1 dan 0 yang membentuk program.


Computer


Alat bantu pemrosesan data secara elektronik dan cara pemrosesan datanya berdasarkan urutan instruksi atau program yang tersimpan dalam memori masing-masing komputer.


Computer Card


Sebuah papan sirkuit plug in yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan komputer.


Computer Graphics


Pengolahan data dan penyajian hasil dalam bentuk grafis/gambar, bisa berbentuk diagram (chart), gambar (image), foto, lukisan (paint). Alat bantu berupa mouse, scanner, light pen dan papan plot.


Computerization


Pemakaian komputer sebagai alat bantu penyelesaian tugas sebagai pengganti penyelesaian pekerjaan secara manual.


Computer Languages


Perintah-perintah yang hanya dimengerti oleh komputer, yaitu terdiri dari serangkaian karakter 1 dan 0. Disebut juga bahasa mesin.


Computer Literacy


Pengetahuan tentang penguasaan penggunaan komputer untuk menyelesaikan suatu masalah.


Computer Network


Sistem jaringan kerja komputer, terdiri dari dua atau lebih komputer dan alat pendukung lain yang saling berhubungan melalui saluran komunikasi.


Computer Operator


Orang yang menggunakan komputer di tingkat pemakaian. Tugasnya hanya memasukkan data ke dalam sebuah program aplikasi yang sudah disediakan.


Computer Science


Nama lain dari ilmu komputer. Titik berat dari ilmu ini adalah memanfaatkan komputer untuk memecahkan masalah yang ada di dunia nyata.


Computing System


Unit pemrosesan utama yang terdiri dari alat penyimpan utama (main memory), saluran masukan dan keluaran, unit kontrol, peralatan penyimpan akses langsung (RAM) dan peralatan masukan dan keluaran (I/O device).


Concatenation


Operasi dua komputer yang mengambil dua string dan menggabungkannya, membuat sebuah string panjang di sekelilingnya.


Concentrator


Alat untuk mengumpulkan data dari beberapa jalur lokal dan mengirimkannya melalui jalur data tunggal berkecepatan tinggi.


Concrete Interface


Penjelasan spesifik antarmuka yang dipakai, misalnya spesifikasi suatu Application Programming Interface (API), spesifikasi kabel atau konektor.


Concurent


Kemampuan mengerjakan lebih dari satu tugas dalam waktu yang bersamaan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Part V Istilah-Istilah Pada Komputer"

Post a Comment