Teknologi Informasi adalah

Teknologi  Informasi  adalah  teknologi  yang  berhubungan  dengan pengumpulan,penyimpanan, pengolahan dan penyebaran informasi. Teknologi Informasi terdiri dari hardware dan software. Hardware dapat berupa komputer, laptop/notebook dilengkapi dengan perangkat pendukungnya seperti printer, jaringan, infocus, modem, LAN dan lain-lain. Sementara software adalah aplikasi-aplikasi dan sistem yang digunakan.

Saat ini teknologiinformasi berkembang sangat cepat. Hampir semua bidang kehidupan dan industri sudah tersentuh oleh teknologi informasi, baik itu entertainment, kesehatan, pendidikan, asuransi, bank dan bahkan untuk pemerintahan pun teknologi informasi sudah banyak digunakan Electronic-Government.
Teknologi Informasi adalah

Electronic-Government, menurut Instruksi Presiden RI No. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakandan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, merupakan proses  transformasi  dimana  pemerintah  mengoptimalkan  pemanfaatan  kemajuan teknologi informasi untuk mengeliminasi sekat-sekat birokrasi organisasi, serta membentuk jaringansistem manajemen dan proses kerja yang memungkinkan instansi-instansi pemerintah bekerjasecara terpadu untuk menyederhanakan akses dan transparansi ke semua informasi dan layanan publik yang harus disediakanoleh pemerintah.  

Dengan demikian seluruh lembaga-lembaga negara, masyarakat, dunia usaha,dan pihak-pihak berkepentingan lainnya dapat setiap saat memanfaatkan informasi dan layanan pemerintah secara optimal. Dari sisi masayarakat, transparansi akan lebih bisa dilihat oleh masyarakat karena syarat utama dari penggunaan TI untuk proses kerja dan pelayanan publik adalahsudah adanya prosedur pelayanan yang baku dan standar yang jelas. Apalagi, akan timbul kejelasan atas langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk pelayanan serta biaya yang harus dikeluarkan. Dari sisi pemerintah, penggunaan serta penarikan biaya dari masyarakat bisa diawasikarena keterlibatan pihak lain yang lebih profesionaldan kredibel dalam pengelolaan uang, seperti pihak bank, atau lembaga keuangan lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknologi Informasi adalah"

Post a Comment