Konsep Seiso dalam Konsep 5 S

Konsep Seiso(清掃)

Seiso  (清掃)yaitu selalu  membersihkan,  menjaga  kerapihan  dan  kebersihan (resik). Ini adalah proses pembersihandasar dimana suatuderah disapu dan kemudian dipel dengan kain pel. Karena lantai, jendela, maupun dinding harus dibersihkan, seiso(清掃)di sini setara dengan aktifitas pembersihan berskala besar yang dilakukan setiap akhir tahun di rumah tangga Jepang.
Meskipun pembersihan besar-besaran di seluruh perusahaan dilakukan beberapa kali  dalam  setahun,  tiap  tempat  kerja  perlu  dibersihkan  setiap  hari.  Aktifitas  itu cenderung mengurangi kerusakan mesin akibat tumpahan minyak, abu, dan sampah. Contohnya, kalau ada pekerja yang mengeluh ada mesin yang rusak ini tidak berarti mesin itu perlu penyetelan. Sebenarnya, yang diperlukan mungkin hanya program pembersihan di tempat kerja (Yasuhiro,1995:249).
Untuk  melaksanakan  seiso  (清掃 atau  resik,  terlebih  dahulu  tentukanlah
Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.   Tentukan apa yang hendak dibersihkan.
2.   Tentukan siapa bertanggung jawab untuk setiap tugas Resik
3.   Tentukan metode Resik.
4.   Siapkan peralatan kebersihan
5.   Pelaksanaan Resik

(Hiroyuki, 1992:45).

Menentukan prosedur Resik dan Pemeriksaan
1.   Pokok permasalahan yang jelas

Yang  pertama  harus  dilakukan  adalah  melihat  keadaan  sebenarnya  di tempat kerja untuk mengetahui berapa banyak kotoran yang ada, apakah ada kebocoran, kerusakan, dan lain-lain.
Hanya setelah itu dapat dibuat suatu daftar masalah dan pertimbangkan tindakan apa yang dapat diambil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsep Seiso dalam Konsep 5 S"

Post a Comment