Pengertian Verifikasi Tanda Tangan


Verifikasi tanda tangan adalah suatu proses yang digunakan untuk mengenal tanda tangan seseorang. Menurut Griess (2000, p1) sistem verifikasi tanda tangan dapat dibagi menjadi dua bagian:



1.   verifikasi tanda tangan secara off-line




2.   verifikasi tanda tangan secara on-line









Verifikasi tanda tangan secara off-line mengambil sebuah image tanda tangan sebagai input yang akan digunakan dalam proses selanjutnya. Sedangkan input untuk verifikasi  tanda  tangan  secara  on-line  diambil  dari  tanda  tangan  yang  didapatkan langsung dari digitizer yang dapat meghasilkan nilai nilai dinamik, seperti nilai koordinat, lama tanda tangan, dan kecepatan tanda tangan.







Gambar tanda tangan yang didapat dalam sistem offline biasanya memiliki tingkat noise yang cukup tinggi, tergantung dari alat scanning dan background dari kertas yang digunakan, dan informasi yang didapat sangat minim karena yang menjadi input dalam sistem ini hanya sebuah gambar. Online signature bersifat lebih unik dan sulit dipalsukan, karena informasi yang didapat lebih banyak selain dari bentuk tanda tangan, juga dari fitur fitur dinamik seperti kelajuan, waktu tanda tangan. Hal ini menunjukkan bahwa online signature mempunyai lebih banyak dimensi yang tidak terdapat dalam offline signature. Sehingga online signature memiliki tingkat realibilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan offline signature.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Verifikasi Tanda Tangan"

Post a Comment