Mc Farlan Strategic Grid

Mc Farlan Strategic Grid
Mc Farlan strategic grid digunakan untuk memetakan aplikasiIS berdasarkan konstribusinya  terhadap organisasi. Pemetaan  dilakukan  pada empat kuadran (strategic, high potential, key operation, and support). Dari hasil pemetaan tersebut didapat      gambaran konstribusi sebuah naplikasi IS terhadap organisasi dan pengembangan  dimasa  mendatang  (Ward  and  Griffith  1996),  keempat  kuadran tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini

Gambar. Mc Farlan Strategic Grid [Ward and Peppard, 2002]

Gambar. Mc Farlan Strategic Grid [Ward and Peppard, 2002]

Model pemetaan Mc Farlan bertujuan untuk menganalisis suatu aplikasi atau sistem informasi di suatu organisasi berdasarkan kondisisaat ini, kondisiyang direncanakan serta aplikasi-aplikasi yang dianggap berpotensi dalam menunjang operasional dan strategis organisasi.  Pemetaan tersebut dibagi atas 4 kuadran yang didefinisikan sebagai berikut:
a. Kuadran  1  (Kuadran  Support)  adalah  aplikasi  yang  berguna  tetapi  tidak menentukan kesuksesan.
b. Kuadran  2  (Kuadran  Operational)  adalah  aplikasi  yang  saat  ini  sangat diperlukan dalam mencapai keberhasilan.
c. Kuadran  3  (Kuadran  High  Potential)  adalah  aplikasi  yang  mungkin  akan menentukan keberhasilan dimasa datang.
d. Kuadran  4  (Kuadran  Strategic)  adalah  aplikasi  penting  untuk  mendukung strategi di massa datang.
Pemetaan   ini mempermudah organisasi atau   pihak manajemen untuk mengambil keputusan dalam menentukanposisi sistem teknologi informasi organisasi di dalam kuadran tersebut serta keinginan organisasi dalam menentukan ke arah mana sistem informasi akan dipenuhiyang tentunya disesuaikan dengan kapabilitas dan visi serta misi organisasi di masa yang akan datang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mc Farlan Strategic Grid"

Post a Comment