Analisis Value Chain

Analisis Value Chain
Analisis   ini   merupakan   analisis   pada   lingkungan   internal   dari   bisnis organisasi. Analisis yang digunakanadalah memetakan berdasarkan katagori aktivitas pada organsiasi. Katagori pembagian terdiri dari aktivitas utama dan aktivitas pendukung. Analisis ValueChain dilakukan untuk memetakan seluruh proses kerja yang terjadi dalam organisasi menjadi dua kategori aktivitas, yaitu aktivitas utama dan  aktivitas  pendukung.  Mengacu  pada  dokumen  organisasi  yang  menyebutkan tugas dan fungsi setiap unit kerja berdasarkan pengamatan yang dilakukan terhadap proses kerja yang terjadi di masing-masing unit kerja, secara diagram value chain dapat terlihat seperti Gambar.

Gambar. Diagram Value Chain [Ward and Peppard 2002]

Gambar. Diagram Value Chain [Ward and Peppard 2002]

Analisis value chain dapat dipergunakan untuk menentukan pada titik-titik mana dalam rantai nilai yang dapat mengurangi biaya atau memberikan nilai tambah (value added). Langkah pertama; dalam value chain untuk pemerintah atau organisasi yang tidak berorientasi pada laba adalah membuat pernyataan tentang misi sosial organisasi tersebut, termasuk kebutuhan masyarakat spesifik yang dapat dilayani. Tahap Kedua; adalah mengembangkan sumber daya untuk organisasi, baik personel maupun fasilitasnya. Tahap ketiga dan Tahap keempat; adalah melakukan operasi organisasi dan memberikan jasa kepada masyarakat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Analisis Value Chain"

Post a Comment