Penjelasan Tentang Negosiasi

Negosiasi

Negosiasi  dapat  dikategorikan  dengan  banyak  carayaitu  berdasarkan  sesuatu yang dinegosiasikan, karakter dari orang yang melakukan negosiasi,protokol negosiasi, karakteristik dari informasi, dan faktor-faktor lainnya. (Winoto, 2002).

Sesuatu yang dinegosiasikan

Berdasarakan sesuatu yang dinegosiasikan, negosiasi dapat dibedakan menjadi single-attribute items dan multiple-attribute items. Negosiasi dikatakan  sebagai  multiple-attribute  items  apabila  mempertimbangkan lebih dari satu faktor dalam pengambilan keputusan,seperti harga, kuantitas, kualitas, waktu penyampaian, dan metode pembayaran. Selain itu,  negosiasi  juga  dapat  dikategorikan  menjadi  negosiasi  one-to-one, one-to-many, atau many-to-many. 
Penjelasan Tentang Negosiasi

Apabila dalam proses negosiasi berhadapan  lebih  dari  satu  orang,  maka  akan  terjadi  single  collective action pada suatu waktu dan keputusannya akan berpengaruh kepada seluruh anggota dari kelompok. Jenis negosiasi yang akan dibahas dalam tesis ini adalah negosiasi one-to-many  dimana ada satu penyedia tugas yang bernegosiasi dengan beberapa penyedia jasa.

Karakter negosiator

Berdasarkan karakternegosiator, negosiasi dapat dibedakan menjadi kooperatif dan kompetitif. Negosiasi kooperatif adalah negosiasi yang mengarah kepada keuntunganbersama bagi semua negosiator, sedangkan negosiasi  kompetitif  ditujukan  kepada  pencarian  keuntungan  seorang negosiator saja.

Untuk  negosiasi  yang  dilakukan  pada  komputasi  grid  dimana  sumber daya diambil menggunakan internet, karakter negosiatornya cenderung bersifat  kompetitif,  karena  parpenyedia  jasa  yang  berjumlah  sangat banyak memperebutkan tugas yang dimiliki oleh penyedia tugas yang bersifat terbatas.

Protokol negosiasi

Berdasarkan  protokol  negosiasi,  negosiasi  dapat dikategorikan  menjadi lelang  (auction),  contract-net  protocol,  voting  atau  bargaining.  Salah satu keuntungan  mekanisme  lelang terletak pada tingkat efisiensi yang tinggi,  yaitu  pada  keuntungan  pertukaran  dan  computational  cost  dari strategi yang dipakai oleh negosiator. Limitasi yang dimiliki pelelangan adalah  pelelangan  hanya  mempertimbangkan   harga,  tidak  menerima masukan  dari  negosiator,  waktu  telah  ditentukan  dalam  jangka  waktu tertentu, tidak dapatmengakomodasi faktorpertemanan, dan keuntungan yang  didapat  lebih  sedikit  dari  yang  diperkirakan.   

Kelemahan  dari contract-net  protocol  adalah  pelaksanaan  negosiasi  yang  tidak  efisien apabila agen yang dimiliki banyak. Kelemahan dari voting adalah tidak dapat mengakomodasi keadaan yang mendesak, dan tidak efisiendalam berkomunikasi karena setiap agen harus menanggapi setiap permintaan. Agar  dapat  mempertimbangka masukan  dan  menangani  agen  yang banyak, maka bargaining adalah metode yang cocok untuk grid.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Tentang Negosiasi"

Post a Comment