Kualitas Produksi

Kualitas Produksi
Produksi  merupakan  suatu  kegiatan  yang  dikerjakan  untuk  menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa. Sedangkan kegiatan menambah daya  guna  suatu  benda  dengan  mengubah  sifat  dan  bentuknya  dinamakan produksi barang. Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhanmanusia untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran dapat tercapai jika tersedia barang danjasa dalam jumlah yang mencukupi (Horgren et al. 1994). Fungsi produksi merupakan proses yang mengerjakan material sebagai input untuk menjadi produk sesuai dengan tingkatan kualitas yang sudah ditentukan (Kumar dan Suresh, 2008). 
Gambar Skema Sistem Produksi

Gambar Skema Sistem Produksi

Produk berkualitas adalah fungsi dan karakteristik produk dapat memenuhi kebutuhan, baik dinyatakan atau tersirat (ISO, 2000). Setiap orang mengharapkan kualitas yang baik dari setiap barang atau jasa yang ditawarkan. Pendekatan untuk meningkatkan kualitas meliputi semua tahapan mulai dari pengembangan produk, proses pembuatan hingga produk tersebut sampai kepada pelanggan (Naik dan Tripathy, 2008). Perusahaan yang dapat memberikan kualitas tinggi terhadap produknya sesuai dengan harapan pelanggan maka akan dapat meningkatan kepuasan pelanggan. Keuntungan dari kepuasan pelanggan dapat meningkatkan pemesanan produk, promosi dari pelanggan (positive word-of-mouth promotion), dan loyalitas pelanggan (Murthy dan Blischke, 2005).

Produkberkualitas harus ditunjang dengan sistem informasi yang berkualitas, agar jika terjadi kesalahan dalam penggunaan material dapat dilacak dengan cepat (Hirata, 2009). Agar produksi dapat sesuai dengan permintaan pasar maka diperlukan perencanaan produksi yang merupakan suatuproses penetapan tingka output   manufakturing   secara   keseluruha guna   memenuhi   tingkat penjualan yang direncanakan dan inventori yang diinginkan (Gaspersz, 1998).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kualitas Produksi"

Post a Comment