Pengertian Kualitas

Kualitas
Kualitas adalah sesuatu yang paling penting didalam setiap usaha untuk mempertahankan para pengguna jasa atau produk. Banyak jawaban yang dapat dipaparkan jika ada pertanyaan "What is quality?". Quality merupakan konsep yang cukup kompleks, quality dapat dilihat dari lima cara pandang yaitu (Garvin, 1984) : Transcendental View, User View, ManufacturingView, Product View, Value-Based View. 

Untuk memperoleh kualitas yang baik, dibutuhkan bahan baku dan  cara  dalam  pengolahan  yansesuai  dengan  standard  tertentu.  Salah  satu badan internasional yang memberikan sertifikasi tentang standard kualitas adalah International Organization for Standardization atau disingkat ISO. Ada delapan prinsip manajemen kualitas menurut ISO 9000 yang telah diidentifikasikan yang dapat digunakan oleh top manajemen untuk memimpin organisasi ke arah perbaikan kinerja, yaitu:
Pengertian Kualitas

1.   Customer focus
Harus dapat memenuhi kebutuhanpelanggan pada saat sekarang dan dimasa yang akan datang.

2.   Leadership
Pemimpin harus dapat membentuk tujuan perusahaan kearah yang lebih baik.

3.   Involvement of people
Melibatkan seluruh karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan

4.   Process approach
Tujuan  dapat  dicapai  secara  efektif  ketika  aktifitas  dan  sumberdaya  yang berhubungan dikelola sebagai suatu proses.

5.   System approach to management
Mengidentifikasi,  memahami  dan  mengelola  proses  yang  saling  berkaitan sebagai sistem agar efektivitas danefisiensi tercapai dalam mencapai tujuan.

6.   Continual improvement
Perbaikan  terhadap  kinerja  secara  berkelanjutan  untuk  mencapai  tujuan perusahaan.

7.   Factual approach to decision making
Keputusan yang efektif berdasarkan pada analisis data dan informasi.

8.   Mutually beneficial supplier relationships
Meningkatkan   hubunga antar perusahaa da supplier   dapa saling menguntungkan dan meningkatkan nilai tambah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kualitas"

Post a Comment