Kualitas adalah sesuatu yang paling penting didalam setiap usaha untuk mempertahankan para pengguna jasa atau produk. Banyak jawaban yang dapat dipaparkan jika ada pertanyaan "What is quality?". Quality merupakan konsep yang cukup kompleks, quality dapat dilihat dari lima cara pandang yaitu (Garvin, 1984) : Transcendental View, User View, ManufacturingView, Product View, Value-Based View.
Untuk memperoleh kualitas yang baik, dibutuhkan bahan baku dan cara dalam pengolahan yang sesuai dengan standard tertentu. Salah satu badan internasional yang memberikan sertifikasi tentang standard kualitas adalah International Organization for Standardization atau disingkat ISO. Ada delapan prinsip manajemen kualitas menurut ISO 9000 yang telah diidentifikasikan yang dapat digunakan oleh top manajemen untuk memimpin organisasi ke arah perbaikan kinerja, yaitu:
1. Customer focus
Harus dapat memenuhi kebutuhanpelanggan pada saat sekarang dan dimasa yang akan datang.
2. Leadership
Pemimpin harus dapat membentuk tujuan perusahaan kearah yang lebih baik.
3. Involvement of people
Melibatkan seluruh karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan
4. Process approach
Tujuan dapat dicapai secara efektif ketika aktifitas dan sumberdaya yang berhubungan dikelola sebagai suatu proses.
5. System approach to management
Mengidentifikasi, memahami dan mengelola proses yang saling berkaitan sebagai sistem agar efektivitas danefisiensi tercapai dalam mencapai tujuan.
6. Continual improvement
Perbaikan terhadap kinerja secara berkelanjutan untuk mencapai tujuan perusahaan.
7. Factual approach to decision making
Keputusan yang efektif berdasarkan pada analisis data dan informasi.
8. Mutually beneficial supplier relationships
Meningkatkan hubungan antara perusahaan dan supplier dapat saling menguntungkan dan meningkatkan nilai tambah.
0 Response to "Pengertian Kualitas"
Post a Comment