RUANG LINGKUP ETIKA

ETIKA
Etika merupakan suatu cabang filosofi yang berkaitan dengan apa saja yang dipertimbangkan baik dan salah. Ada beberapa definisi mengenai etika antara lain :
  • Kode moral dari suatu profesi tertentu
  • Standar penyelenggaraan suatu profesi tertentu
  • Persetujuan diantara manusia untuk melakukan yang benar dan menghindari yang salah.
Salah satu yang harus dipahami adalah bahwa apa yang tidak etis tidak berarti illegal. Dalam lingkungan yang kompleks, definisi benar dan salah tidak selalu jelas. Juga perbedaan antara illegal dan tidak beretika tidak selalu jelas.
Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi telah menciptakan berbagai situasi etika yang baru. Misal isu sebuah perusahaan yang secara legal memonitor email pegawai merupakan hal yang kontroversial. Selain itu ada perbedaan antara etika di perusahaan dengan individu.

RUANG LINGKUP ETIKA

RUANG LINGKUP ETIKA
Beberapa perusahaan dan organisasi profesi telah mengembangkan kode etik masing-masing. Kode etik merupakan sekumpulan prinsip yang harus diikuti sebagai petunjuk bagi karyawan perusahaan atau anggota profesi. Beragamnya penerapan teknologi informasi dan meningkatnya penggunaan teknologi telah menimbulkan berbagai variasi isu etika. Suatu usaha untuk mengatur isu tersebut kedalam suatu ruang lingkup dilakukan oleh R.O. Mason dan kawan-kawan, yang mengkategorikan isu etika menjadi empat jenis yaitu Privacy, Accuracy, Property, Accessibility.

  • Isu privacy :
Koleksi, penyimpanan, diseminasi informasi individu
  • Isu accuracy:
Authenticity, fidelity, dan akurasi pengumpulan dan pengolahan informasi.
  • Isu property:
Kepemilikan dan nilai informasi (hak cipta intelektual)
  • Isu accessibility:
Hak untuk mengakses informasi dan pembayaran fee untuk akses informasi tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RUANG LINGKUP ETIKA"

Post a Comment