Kualitas Informasi adalah

Kualitas Informasi
Data adalah suatu benda, kejadian, aktifitas, dan transaksi yang dicatat, diklasifikasikan  dan  disimpan  tetapi  tidak  diorganisasikan.  Data  bisa  dalam bentuk numeric, alphanumeric, gambar dansuara. Informasi adalah data yang sudah diproses dan mempunyai arti bagi penerima (Tuban, Aronson dan Liang, 2005).  Pada  saat  ini  perusahaan  sangat  tergantung  kepada  informasi  yang berkualitas  yaitu  informasi  yang  dapat  dipakai  untuk  merumuskan  strategi, mengambil keputusan, pembanding, mengontrol kegiatan operasional sehari - hari dan memecahkan masalah secara real time (Al-Hakim, 2007). Kualitas data yang rendah  dapat  mengakibatkan  kesalahan  dalam  mengambil  keputusan  untuk strategi perusahaan (Redman, 2004).

Definisikualitas informasi tidak dapat dilihat dari satu sisi pandang. Beberapa pendapat para ahli memberikan pandangan yang berbeda beda mengenai kualitas informasi, hal ini dipengaruhi oleh sisi pandang sesuai dengan kebutuhan pengguna informasi. Oleh karena itudibutuhkan suatu ukuran untuk mengidentifikasi kualitas informasi. Berikut mengenai 70 kriteria kualitas informasi (Taylor, 1986).
Gambar  Daftar 70 kriteria kualitas informasi


Gambar Daftar 70 kriteria kualitas informasi

Dari daftar 70 kriteria kualitas informasi tentunya dapat dipersingkat, karena dari sekian banyak kategori dapat mengandung redudansi dan inkonsistensi (Eppler, 2006).

Kualitas informasi dipengaruhi oleh teknologi, organisasi dan lingkungan (Tornatzky dan Fleischer, 1990). Untuk menunjang kebutuhan teknologi informasi harus ditunjang oleh hardware dan software. Kualitas dan spesifikasi akan hardware harus ditentukan dari kebutuhan software yang akan digunakan. Agar data menjadi informasi maka proses tersebut harus menggunakan software. Untuk mengetahui apakah suatu software itu dapat menghasilkan informasi yang berkualitas dapat juga dilihat dari sisi konsep software quality yaitu quality factors dan quality criteria yang saling mempunyai hubungan satu sama lain (McCall, Richards, dan Walters, 1977).
Gambar Hubungan antara quality factors dan quality criteria

Gambar Hubungan antara quality factors dan quality criteria


Kualitas informasi diharapkan mampu membantu perusahaan dalam menentukan kebijakan perusahaan agar memiliki kemampuan daya saing. Dalam membentuk strategi sistem informasi harus disejajarkan dengan tujuan bisnis agar tujuan bisnis dapat tercapai (Lutchen, 2004). Sebuah perusahaan dapat bertahan dan sukses jika dalam bisnisnya dibantu dengan strategi teknologi informasi dan dapat mencapai tujuan lima competitive strategies yaitu lower cost, differentiate, innovate, promote growth, dan develop alliance (Turban, 2007).

Dalam perkembangan evolusi teknologi informasi dari tahun 1990 dibagi menjadi empat fase yaitu internet, e-business, m-business dan i-business (Evan, 2002). Untuk menjadikan sebuah perusahaan dapat terus berkembang harus mengikuti trend teknologi yang ada, dimana nantinya bisnis akan ke arah mobile business (M-Business) untuk menjadi perusahaan I-Business (intellect, idea, innovation).
Gambar Business Agility as a Function of Process and Technology Agility
Gambar Business Agility as a Function of Process and Technology Agility.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kualitas Informasi adalah"

Post a Comment