Pertumbuhan Faktor Produksi Tenaga Kerja dan Modal




Jumlah penduduk selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu (pada umumnya selalu bertambah). Perubahan jumlah penduduk ini tentu saja berimplikasi terhadap perubahan jumlah angkatan kerja. Perubahan juga terjadi pada kepemilikan dan stok modal, karena setiap negara senantiasa berusaha mengerahkan segenap sumber daya yang dimilikinya untuk menciptakan dan mengakumulasikan modal.




Kenaikan kepemilikan tenaga kerja dan modal di suatu negara dari waktu ke waktu akan mendorong ke atas kurva-kurva batas kemungkinan produksi negara yang bersangkutan. Jika tenaga kerja (L) dan modal (K) sama-sama tumbuh dalam tingkatan yang sama, maka batas kemungkinan produksi negara tersebut akan bergerak ke atas secara sejajar di semua titiknya sesuai dengan pertambahan L dan K. 



Hal tersebut berarti besaran sudut atau slope dari kurva batas-batas kemungkinan produksi yang lama (sebelum pertambahan faktor produksi) dan yang baru (setelah pertambahan faktor produksi) akan sama besarnya di setiap titik bila diukur berdasarkan sebuah garis bayangan yang ditarik dari pusat sumbu. Hal inilah yang biasa disebut dengan pertumbuhan seimbang (balanced growth).




Jika L dan K tumbuh pada tingkatan yang berbeda, maka pergeseran ke atas kurva batas-batas kemungikinan produksi negara tersebut tidak akan sejajar. Seandainya yang mengalami pertambahan hanya faktor L, sementara K tetap atau bertambah tetapi tidak sebesar pertambahan L, maka keadaannya tentu berbeda. Output komoditi X dan Y akan tetap bertambah karena faktor L dipergunakan dalam produksi kedua komoditi. 



Di samping itu faktor L juga dapat disubstitusikan untuk mengganti sebagian K dalam produksi kedua komoditi tersebut (karena jumlahnya menjadi relatif sedikit, harganya tentu meningkat). Meskipun demikian output komoditi X yang padat L akan bertambah lebih banyak di banding dibanding Y yang padat K. Hal yang sebaliknya terjadi jika yang bertambah adalah faktor K.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertumbuhan Faktor Produksi Tenaga Kerja dan Modal"

Post a Comment